Manajemen Aset

Cara mengelola Aset

  • Penananggalan

    Januari 2009
    S S R K J S M
    « Des    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Blog Stats

    • 3,310 hits
  • Tulisan Teratas

  • Kategori

  • Arsip

KONSEP SISTEM INFORMASI

Posted by dirman pada 22 Januari 2009

Sistem Informasi adalah istilah untuk sistem yang berdasarkan komputer; memproses data/informasi dan digunakan dalam pengambilan keputusan. Sistem Informasi Manajemen adalah sistem yang terdiri dari manusia dan mesin yang terintegrasi untuk menyediakan informasi melalui data dari lingkungan, operasi/transaksi suatu organisasi dengan menyaring, menyeleksi dan menampilkan data sebagai informasi yang dapat digunakan untuk operasi, manajemen dan pengambilan keputusan didalam organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras dan perangkan lunak dengan prosedur, model, analisis, perencanaan, data dan kontrol dari manusia.

Sistem Informasi dijalankan diantara subsistem sehingga dapat diarahkan oleh pengatur pemrosesan data/manusia dan alat. Subsistem-subsistem memberikan kontribusi pada tujuan sistem informasi dan organisasi dan ada beberapa subsistem yang hanya melayani satu aktivitas satu tingkatan dalam satu organisasi, sedangkan subsistem lainya melayani banyak tingkatan dan aktivitas. Gabungan dari sistem terpisah/subsistem yang merupakan dari keseluruhan sistem yang saling berhubungan karena adanya aliran data diantara subsistem tersebut sehingga terintegrasi dan dapat memberikan informasi dengan waktu singkat, tepat serta isi yang lengkap dan relevan. Macam cara mengubah data menjadi informasi sesuai aspek karakteristik personalia, tugas dalam organisasi dan penerima informasi diluar organisasi.

Sistem Informasi Manajemen dapat meningkatkan produktivitas kerja;

  • Penyipan dokumen dapat dilakukan dengan efisien.
  • Memberikan jasa Informasi tingkat tinggi dengan kualitas yang lebih baik bagi organisasi dan individual.
  • Memberikan peringatan dini mengenai masalah internal dan ancaman eksternal.
  • Pemberitahuan dini mengenai adanya peluang yang baik.
  • Mempercepat proses normal organisasi
  • Meningkatkan kemampuan dalam menghadapi masalah yang diluar dugaan.

Sistem Informasi Manajemen dikembangkan sesuai dengan gaya manajemen, pola tingkah laku dari personalia yang akan menggunakannya serta kontribusi yang akan didapat. Untuk tingkatan puncak organisasi disesuaikan dengan keinginan individu pimpinan/manajer, konsekuensinya bila pimpinan/manajer pada level ini berganti maka sistem Informasi yang digunakan disesuaikan dengan pimpinan/manajer yang baru. Untuk tingkatan organisasi madya dibuat sesuai dengan karakteristik umum pimpinan/manajer. Sedangkan untuk tingkatan organisasi terendah dibuat bentuk yang lebih umum sehingga pegawai klerikal dan operasi dapat menggunakan informasi dan berinteraksi dengan sistem informasi. Personalia profesional dan teknikal dibuat sesuai dengan tugas khusus mereka dengan memperhatikan proses informasi para profesional dan teknikal tersebut.

Sistem Informasi dirancang sesuai dengan kebutuhan kualitas yang telah ditetapkan seperti hal yang berhubungan dengan toleransi terhadap ketepatan waktu, relevansi dan akurasi dari informasi. Selain itu sistim informasi harus menyediakan umpan balik yang memberikan informasi mengenai efisiensi dan efektivitas dari sistem informasi yang telah dijalankan serta dapat beradaptasi dan mudah dimodifikasi. Sistem informasi manajemen harus mempunyai kemampuan selektif dalam pemakaian data bersama, ada yang bersifat umum dan ada yang bersifat data terbatas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: