Manajemen Aset

Cara mengelola Aset

  • Penananggalan

    September 2008
    S S R K J S M
        Okt »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Blog Stats

    • 3,310 hits
  • Tulisan Teratas

  • Kategori

  • Arsip

TERMINOLOGI DAN KEMAMPUAN SISTEM INFORMASI

Posted by dirman pada 16 September 2008

Terminologi Sistem adalah terdiri dari komponen-komponen yang berupa fungsi orang, aktivitas, kejadian dan sebagainya yang saling berhubungan dan melengkapi satu sama lain untuk mencapai satu atau lebih tujuan yang telah ditetapkan. Biasanva suatu sistem menerima masukan dan kemudian beberapa subsistem bekerja bersama-sama untuk menghasilkan keluaran. Keluaran dari sistem tersebut dievaluasi melalui umpan balik yang merupakan metoda untuk pengawasan jika keluaran suatu sistem menyimpang dari yang diharapkan.

Sistem Informasi ada yang berbasiskan komputer menggunakan teknologi perangkat keras dan perangkat lunak sedangkan cara lain dengan manual. Sistem informasi yang berbasiskan komputer prosesnya dengan kronologis menerima masukan, pemrosesan, penyimpanan dan memberikan keluaran.

  1. Menerima Masukan dari data yang didapat dari dalam atau dari luar organisasi untuk diproses dalam sebuah sistem menjadi informasi. Masukan sistem informasi berupa rekaman dari transaksi dan operasi, permintaan terhadap informasi, instruksi, pesan, perubahan.
  2. Melakukan Pemrosesan merupakan perubahan dari data masukan menjadi bentuk yang lebih mempunyai arti bagi individu dan organisasi. Pemrosesan data pada sistem informasi adalah penyusunan data/rekord dengan aturan tertentu, pengaksesan, penyimpanan, pembaharuan, meringkas, pemilihan dan pemanipulasian yaitu operasi aritmetika dan logika data-data yang ada.
  3. Menyimpan data dan Informasi berupa teks, gambar dan suara sedemikian rupa sehingga dapat diakses dengan cepat saat dibutuhkan.
  4. Memproduksi dan Mendistribusikan hasil data yang telah diproses kepada orang dan aktivitas yang akan mempergunakannya. Sistem informasi dapat memproduksi informasi berupa hardcopy/hasil yang tercetak dan softcopy/berupa file.

Kemampuan teknis sistem informasi dapat melakukan;

  • pemrosesan transaksi secara berulang secara rutin kemudian diproses dalam limit waktu yang telah ditentukan,
  • pemrosesan transaksi tunggal/setiap transaksi yang masuk langsung diproses,
  • proses transaksi setiap saat data tiap transaksi selalu terhubung dan dapat diakses dan diperbaharui setiap saat,
  • komunikasi data dan jaringan komputer/ data tiap transaksi selalu terhubung dan dapat diakses dan diperbaharui setiap saat dari tempat yang berjauhan,
  • pencarian record dan analisis/pemeriksaan,
  • pemeriksaan file (file Inquiry),
  • model dan algoritma keputusan/berupa model matematika sederhana dan
  • otomatisasi kantor/otomatisasi aktivitas; pengolahan kata, memasukan, menyimpan, memanipulasi, mencetak, laporan/buku, memproduksi dokumen profesional berkualitas publishing (perancangan/grafik/gambar), mengirim pesan melalui elektronik (E-Mail), pengolahan gambar, pengolahan suara, sistem informasi kantor (kalender Pribadi, direkori perusaan/data dasar organisasi, sistem lain/nota/catatan harian dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: